Jumat, 19 Juni 2009

ASYIKNYA MENCUCI MOBIL SORE HARi


Setelah menginjak semester 4..akhirnya aku diperbolehkan membawa mobil kesayangan Bapakku, mobil TAFT HILINE TH 87 Akhir, 3700-an cc, bersticker 4x2, ber-plat R, bercat abu2 metalik tua, dan berbahan bakar solar, suaranya berisik minta ampun…yang sanggup membangunkan macan tidur..pagi2 buta..ha4….(lebay). Secara gak langsung saat itu juga berakhirnya kebersamaanku dengan si Merah.. motor 2-tak SUZUKI SATRIA R 125 CC TH 97, Berplat R, berwarna Merah metalik solid, bervelq kuning bermotif bintang cap gajah tunggal, selencer knalpot made in Thailand, dan ber-sticker bertuliskan R15M4…yang sudah menemaniku selama 7 Tahun. Motor malangku itu dibeli oleh seseorang yang tinggal di daerah Jombor. “Smoga kau bahagia bersama majikan barumu itu……
Selain aku, yang membawa mobil..ada juga si Bun2 yang bangga dengan mobil SUZUKI KATANAnya keluaran TH 1995, Berbahan bakar bensin, berplat AB, dan bercat ungu gelap keabu2an,..sedangkan Andi membawa motor SUZUKI SHOGUN TH 1997, bercat hitam solid dan berplat BK…Eka dengan SUZUKI SHOGUN TH 2000nya, berplat AB dan bercat abu2 metalik muda…dan Keno dengan SUZUKI SHOGUN TH 2003nya, berplat AB dan bercat metalik merah-hitam, …Setiap sore kami selalu menghabiskan waktu untuk mencuci..kalo kendaraan kami kotor...
Pada suatu sore yang kuning…saat itu hanya aku saja yang mencuci mobil. Kebetulan Keno waktu itu lagi nganggur…dan karena dia sudah telanjur jadi kawanku..dengan mengatas namakan solider ya dia kupaksa membantu mencuci mobil bersamaku. Keno bagian membersihkan karpet mobil dan semprot2 air, sedangkan aku bagian nyabun ban, body mobil, dan lap mobil…sepertinya kami ada bakat cuci mobil, dan berhayal akan punya bisnis cuci mobil suatu hari nanti….sambil bersendau gurau satu sama lain ha4. Pada saat asyik mencuci mobil lewatlah sesosok wanita yang keliatan tomboy, bertindik dihidung, yang kebetulan melintas bersama motornya dan goncengannya…sepertinya dia adiknya. Wanita itu wanita yang sudah tidak asing lagi bagi ku, wanita yang sudah kukenal namanya dari kmaren….wanita yang selalu kami bicarakan….wanita selalu menganggu tidur nyenyakku di malam hari karena trus kepikiran…wanita yang katanya berasal dari Pekanbaru…wanita yang sekampus dengan Keno tp beda angkatan karena dia lebih muda…wanita yang tutur katanya tidak senonoh waktu kepergok ame Keno, waktu dia beli rokok DJISAMSOE di mini market “FLAMBOYAN”….yang jaraknya hanya beberapa rumah dari tempat kami….wanita itu bernama Fani.
Seketika hatiku berbunga-bunga…pandangankupun semuanya berbunga-bunga….kekuatan apalah itu..kalo bukan yang namanya cinta..cinta pada pandangan pertama yang sudah aku alami dari kemaren2..sejak aku pertama kali melihatnya tanpa sengaja..pada saat memanaskan mobil untuk berangkat kuliah pagi jam 7.
Ketika mereka melintas, Fani dan adiknya tersenyum melihat kami, terutama melihat aku. Apa yang membuat mereka tersenyum..akupun tak begitu pusing mencari tw..yang ak tw…adalah wanita selalu begitu… selalu memancing lawan jenisnya agar simpatik padanya….dan aku pun tersenyum gembira dan tak terperikan kawan”…..
Beberapa menit kemudian merekapun melintas lagi didepan 2 anak muda yang keliatan rajin itu, yaitu kami sendiri. Mimik wajahnya tidak pernah berubah..selalu tersenyum melihat kami, terutama aku..he4. Aku bilang kepada partnerku itu sambil asyik menyabun atap mobil.
(H): “No?!...sepertinya si Fani sudah mulai tergila-gila padaku..bukannya tadi kau liat barusan..mimiknya..wajahnya selalu tak berubah setiap melihat kita, terutama melihatku he4 (koq pede?)”….
(K): “Ayo mon…tunggu apalagi…langsung majulah ?..jangan kau tunda-tunda lagi. Keburu dicaplok orang lho ?...ha4……” lagian masih banyak ce di dunia ini…sudah saatnya kau melupakan dia yang menolakmu itu..” (sambil menyemprotkan air ke body mobil yang barusan kusabun)
(H): “Hahahaha4……bisa aja kau!?.........awass no!!! semprotanmu itu !!!..basah celana basketku….tipis bahannya…. keliatan neh!!!? ….DASAR JAHIL !!!
(K): “Hahahaha4…….
Watak jahilnya Keno memang abadi kawan”, sejak aku mengenalnya waktu jaman ngekos bareng di seturan..sama saja seperti abangnya Eka…mereka memang JAHILMAN SEJATI. Dari tadi…dari awal mulai mencuci saja Keno sudah ngajak perang…dia mulai menyemprotku..menyemprotku dengan air…air yang berasal dari sumur…bukan air ledeng…maka kami bebas menghambur-hamburkan air sesuka hati…toh gak ada yang protess. Dasar keno yang stress dia masih saja mengulangi perbuatan yang tidak terpuji itu..sehingga basah kuyuplah diriku…siap2 aja kerokan ntar malam….
Menjelang magrib….si Fani melintas lagi…kali ini dia sendirian..tapi dia tetap tersenyum ketika melihatku kembali….dan tanpa berbasa-basi akupun melemparkan senyum padanya….sebagai ungkapan tanda balasan dariku…tanda cinta. Hari sudah semakin gelap..akhirnya akupun menyelesaikan tugas muliaku itu…bergegaslah aku memasukan mobil ke garasi..karena hari itu memang jatah parkir mobilku. Sebelum aku bergegas mandi.. aku berpikir…kenapa si Fani..tiba2 koq senyum padaku..apa ada yang aneh dengan diriku hari ini..sehingga menjadi istimewa di matanya. Yang kutw si Fani dari kmaren2 mukanya selalu datar kalo melintas didepanku, memang kita belum kenal satu sama lain..belum pernah berjabat tangan sebagai tanda perkenalan…dan belum pernah menyapa…kecuali kalo dia yang meminta he4…(ngarep). Di sela-sela pikiranku itu ak sambil memandangi celana basketku yang belum kering betul itu….yang ternyata tipis itu….yang kondisinya sudah tidak bagus lagi. Sudah sejak lama aku miliki itu celana dari jaman ikut tim basket buldozer, tim basket komplek Pertamina Cilacap…sewaktu kelas 3 SMA.
Setelah lewat perenungan yang panjang baru aku menyadari kenapa dia tersenyum kepadaku sore itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar